Mengenal Bentuk-Bentuk BAB Bayi

Salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi adalah dengan melihat bentuk BAB-nya.

BAB merupakan salah satu indikator yang bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui kondisi kesehatan sang buah hati.


Berkenaan dengan hal tersebut, maka di posting kali ini saya akan menampilkan bentuk-bentuk BAB bayi agar orang tua memiliki gambaran yang lebih jelas tentang kondisi kesehatan anak mereka.

Dari artikel ini anda akan mengetahui kapan untuk tidak khawatir dan kapan sebaiknya mengambil tindakan.

Sebagai panduan umum, jika bentuk BAB bayi anda jauh dari biasanya, maka anda disarankan untuk segera memeriksakan anak anda ke dokter.

Nah, sekarang mari kita mulai perkenalan kita dengan bentuk-bentuk BAB bayi.

Oh ya, sebelumnya saya perlu mengingatkan kalau artikel ini tidak akan terlihat indah. Jadi persiapkan mata anda ya?! He..he..he..

1. Bayi Baru Lahir

Meconium

BAB bayi yang baru lahir dinamakan Meconium. Bentuknya lengket dan berwarna hijau kehitam-hitaman. Meconium dihasilkan dari cairan ketuban, lendir, sel kulit, dan materi lainnya yang tertelan bayi ketika masih di dalam rahim. Meconium tidak begitu bau sehingga mungkin anda tidak menyadari bahwa sudah waktunya untuk mengganti popok.

Ketika bayi berusia 2 sampai 4 hari, bentuk BABnya akan berubah menjadi tidak begitu lengket dan warnanya menjadi lebih terang. Ini dinamakan BAB transisi dan merupakan tanda bahwa bayi anda sudah mulai mencerna ASI ataupun susu formula. Selain itu, BAB transisi juga menunjukkan bahwa saluran usus bayi dalam kondisi baik.

2. BAB ASI Eksklusif

Bentuk BAB sehat dari bayi yang diberi ASI eksklusif

Bayi yang diberi ASI eksklusif akan mengeluarkan BAB yang berwarna kuning kehijauan dan memilik bentuk yang lembek dan creamy. Terkadang bentuknya pun terlihat encer seperti diare. Selain itu, BAB dari ASI eksklusif disertai dengan bintik-bintik seperti benih/biji kecil. Untungnya bau dari BAB ini masih tergolong tidak menyengat.

Intensitas warna kehijauan dari BAB ASI eksklusif bisa berubah tergantung dari apa yang anda makan. Jika bayi anda tidak mengalami gejala apa-apa, maka anda tidak perlu khawatir.

Bila BAB bayi anda terlihat ada buih berwarna hijau cerah, kemungkinan bayi anda terlalu banyak meminum foremilk (susu rendah kalori yang muncul di awal proses menyusui) dan kurang mendapatkan hindmilk (susu yang kaya lemak dan gizi). Hal ini dimungkinkan karena anda tidak cukup lama menyusui pada setiap payudara.

Untuk mengatasinya, susuilah bayi anda pada payudara terakhir yang digunakan. Contoh, jika terakhir anda menyusui pada payudara kanan, maka untuk berikutnya, mulailah pada payudara kanan tersebut.

3. BAB Susu Formula

Bentuk BAB sehat dari bayi yang diberi susu formula

Bayi yang diberi susu formula menghasilkan BAB yang berbentuk seperti selai kacang dengan variasi warna coklat cerah, coklat kekuningan, ataupun hijau kecoklatan.

BAB dari susu formula lebih bau dari BAB ASI, namun tidak sebau BAB bayi yang sudah diberi makanan padat. Biarpun begitu, baunya sudah cukup untuk membuat anda menutup hidung.

4. BAB dari Zat Besi Tambahan

BAB bayi yang diberikan zat besi tambahan

Jika anda memberi bayi anda zat besi tambahan, bentuk BAB-nya bisa berubah menjadi hijau gelap atau hampir hitam. BAB seperti seperti ini tidak sering terjadi dan masih aman.

Namun jika bayi anda tidak diberikan zat besi tambahan dan BABnya kehitaman, sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter untuk memastikan itu bukan melena (pendarahan di dalam usus) atau darah yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

5. BAB Makanan Padat

BAB pada bayi yang sudah diberi makanan padat

Ketika anda mulai memberikan makanan padat, maka anda akan segera bisa melihat perubahan pada BAB-nya. Terlebih pada bayi yang mendapat ASI eksklusif.

BAB dari makanan padat warnanya hijau kecoklatan dan lebih kental dari selai kacang, tapi masih tetap lembek. Soal bau? Hmm.. jangan ditanya.

6. BAB Makanan Padat yang Tidak Tercerna Dengan Sempurna

BAB dengan sisa makanan padat yang tidak tercerna dengan sempurna

 

Terkadang di dalam BAB bayi ada sejumlah sisa makanan yang masih utuh. Kondisi ini dikarenakan oleh makanan yang tidak tercerna secara sempurna.

Tidak perlu khawatir. Ini biasanya disebabkan oleh makanan yang terlalu cepat keluar dari saluran pencernaan sehingga tidak sempat dipecah seluruhnya oleh tubuh. Kondisi ini juga bisa terjadi jika bayi anda hanya memakan satu jenis makanan atau tidak mengunyah secara baik sebelum menelannya.

Jika bayi anda sering mengalami BAB seperti ini, maka sebaiknya memeriksakan ke dokter untuk memastikan pencernaannya menyerap makanan dengan baik.

7. Diare

BAB karena diare

 

Diare pada bayi bentuknya sangat encer dan lebih terlihat seperti air daripada berbentuk padat. Warnanya bisa kuning, hijau, ataupun kecoklatan dan bisa “tumpah” keluar popok.

Diare bisa dijadikan petunjuk bahwa ada infeksi ataupun alergi, dan jika dibiarkan maka bisa menyebabkan dehidrasi pada sang bayi.

Hubungi dokter jika bayi anda:

  • berusia tiga bulan atau kurang
  • sudah dua sampai tiga kali berganti popok tanpa ada perubahan pada BAB
  • tetap diare lebih dari satu atau dua hari

Anda juga disarankan untuk memeriksakan sang bayi jika pada BAB-nya terdapat darah atau lendir yang dapat dilihat secara kasat mata.

8. Konstipasi

BAB bayi yang mengalami konstipasi

 

Jika bentuk BAB bayi anda keras dan terlihat seperti batu kecil, maka kemungkinan sang bayi mengalami konstipasi. Bayi anda mungkin terlihat tidak nyaman atau seperti dalam kesulitan ketika sedang BAB. Tidak jarang, konstipasi pada bayi menyebabkan iritasi pada anus sehingga terdapat darah di dalam kotorannya.

Jika setelah tiga kali atau lebih BAB bayi anda tidak juga berubah, maka sebaiknya memeriksakan sang bayi ke dokter. Namun segera periksakan jika di dalam BAB-nya terdapat darah.

Konstipasi umum terjadi pada bayi yang baru diberi makanan padat. Selain itu bisa juga disebabkan oleh ketidakcocokan dengan susu atau makanan yang mengandung unsur kedelai.

Dokter biasanya akan merekomendasikan untuk memberi bayi anda air, jus pir, atau jus prune untuk membantu pergerakan di dalam usus.

Apabila bayi berusia enam bulan atau lebih, Anda juga bisa memberikan yogurt untuk bayi. 

9. BAB Berlendir

BAB berlendir

 

Ludah yang tertelan bisa menyebabkan BAB bayi terlihat berlendir. Ini karena ludah seringkali tidak bisa dicerna oleh usus.

Namun lendir pada BAB juga bisa berarti ada infeksi atau alergi. Jika bayi anda BAB-nya berlendir dan disertai dengan gejala-gejala lain atau tidak ada perubahan lebih dari dua hari, maka hubungi dokter untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

10. BAB Berdarah

BAB disertai darah.

 

Darah pada bayi bisa berwarna merah cerah atau kehitaman (pertanda darah telah dicerna oleh usus).

Darah merah cerah bisa muncul dalam BAB bayi karena beberapa alasan. Segera hubungi dokter jika anda mendapati:

  • Bentuk BAB normal disertai darah merah, umum disebabkan oleh alergi terhadap protein di dalam susu (gambar di atas).
  • Bentuk BAB konstipasi disertai bercak darah merak, disebabkan oleh iritasi pada anus atau pendarahan kecil.
  • Bentuk BAB diare disertai darah merah, bisa dijadikan petunjuk adanya infeksi bakteri.

Jika darah terlihat kehitaman, biasanya berbentuk flek seperti wijen, maka ini biasanya disebabkan oleh bayi yang menelan darah dari luka di puting susu. Hal seperti ini aman untuk bayi dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun tidak ada salahnya untuk dibawa ke dokter untuk memastikan bukan karena sesuatu yang lebih serius, seperti pendarahan di dalam usus.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui bentuk-bentuk BAB bayi dan tahu apa yang mesti dilakukan ketika membersihkan popok sang buah hati.

Saya hanya bisa berharap, semoga bayi kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. :)

Sumber: BabyCenter.com: Baby Poo a Visual Guide



  • Anonymous

    thanx buat infonya,benar2 berharga

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Terima kasih sudah berkunjung :)

  • Anonymous

    terima kasih.. bermanfaat banget info nya… kalo baby saya pup nya ganti2.. padahal menunya sama.. kadang bagus, kadang keras hitam (kayak no.8..).. jadi bingung.. padahal buah masuk, sayur masuk.. minum air putih banyak…

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Mungkin menunya kurang cocok. Meskipun buah dan sayur masuk, ada kalanya pencernaan bayi kurang menerima. Disarankan untuk memvariasikan buah dan sayurnya.

  • Anonymous

    mantab gan!!
    thk's infona..

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Sama-sama :)

  • Anonymous

    makasi bgt atas infonya bnr2 berguna

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Terima kasih, semoga bermanfaat :)

  • Anonymous

    kalo BAB berlendir seperti ingus dan berwarna merah, serta sering keluar msh normal gk ya…? mohon penjelasanya..

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Usia anaknya berapa ya? Kalau masih belum dikasih makanan padat, sebaiknya diperiksakan 

  • Anonymous

    anak saya BAB nya berlendir dan disertai warna coklat kemerah-merahan, usianya baru mau menginjak 3 bulan.

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Kalau saya menyarankan untuk diperiksa saja. Takutnya ada alergi atau penyakit di dalam.

  • Anonymous

    trima ksh…
    wajib di bookmarks,,,

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Sama-sama :)

  • Anonymous

    bab anak saya berwarna kadang berwarna hijau,usianya baru 5 bln dan mnm susu formula.bab spt itu sehat atau mengindikasikan adanya infeksi atau alergi pada susu formula?mohon penjelasannya.

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Ada kemungkinan disebabkan oleh kandungan susu formula itu sendiri. Kalau bayinya terlihat sehat biasanya tidak apa-apa. Tapi tetap disarankan untuk memeriksakan ke dokter agar lebih yakin lagi.

  • Suryani Wiwit

    anak saya BAB nya berwarna hijau  berlendir dan ada bercak darah .bentuk lendir dan darahnya sama seperti tanda-tanda ibu mau melahirkan;usianya anak saya 3 bulan 10 hari dan masih ASI eksklusif.

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Saya sarankan untuk memeriksakan ke dokter Bunda. Soalnya ada bercak darahnya. Takut ada infeksi.

  • afri

    amin..
    mksh infony ya bun..

  • bundanya byanka

    terima kasih infonya, sangat membantu dan membuat saya sedikit tenang. ijin share ya..

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Sama-sama Bunda :) Semoga membantu. Terima kasih sudah mau di share :)

  • Pingback: Pertama kalinya Asha dirawat di RS « ourlittlebox

  • Ikhfa1

    Makasih infonya bermanfaat… Kalau bisa dicantumkan juga referensi sumbernya. Makasih banyak ya..

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Sama-sama. Sumbernya sudah dicantumkan kok dan bisa dilihat pada bagian bawah artikel :)

  • Yustika

    kalau anakku sedang batuk berdahak, dahaknya terdengar sekali.

    babnya agk sering, dan agak lendir. wajar tidak?

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Kalau batuk berdahak memang biasanya terdengar dahaknya. Mengenai bab yang agak sering dan berlendir, lebih baik diperiksakan ke dokter. Takutnya ada masalah dengan pencernaannya. Semoga cepat sembuh ya :)

  • Merry cisilia

    Mau tanya,bayi saya umur 3bulan, beberapa hari yang lalu bdnnya panass tinggi dan beraknya mencret, lsg saya bawa ke dokter, dokter bilang kelihatannya demam. Kemudian hanya diberi obat sanmol, kemudian bsk paginya beRaknya disertai darah dan berlendir, saya langsung bawa ke dokter lagi.kemudian dokter menyuruh saya memeriksakan feses ke lab dan tnyata hasilnya anak saya terkena disentri, kemudian oleeh dokter saya diberi obat flagyl utk antibiotik dan L Bio dan tetap diberi sanmol jika panas lebih dr 37.5 kemudian setelah hari itu panas anak sudah turun dan mendekati normal. Tetapi kenapa fesesnya masih ber lendir dan sering sekali buang air besar meskipun hanya sedikit2 sekali?dan mengapa feses selalu berubah2, kadang hijau lumut, kadang kuning?apakah karena tidak cocok susu formula? Karena saya sudah tidak memberikan asi. Hanya 1.5 bulan saja.skr sudah full susu formula. Mohon bantuannya?terima kasih..

    • http://www.facebook.com/elvina.karo Elvina Idd Karo

      Anaknya dikasih sufor apa buq?

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Proses penyembuhan setelah terkena disentri umumnya secara bertahap. Jadi wajar kalau frekwensi babnya relatif terlihat sering. Yang penting adalah untuk memastikan bahwa buah hati tidak kekurangan cairan.

      Mengenai warna feses akan tergantung pada apa yang dikonsumsi anak. Bisa karena makanan atau bisa juga karena pengaruh obatnya.

      Apabila dalam masa observasi yang disarankan dokter tidak ada kemajuan, maka saya anjurkan untuk memeriksakannya kembali.

      Semoga si kecil cepat sembuh ya Bunda :)

  • http://www.facebook.com/elvina.karo Elvina Idd Karo

    Mau tanya dnk, anak saya kasih sufor similac advance dan bab nya wrna hijau selalu. Apa itu wajar krn kndungan su2 nya yg tinggi zat besi?
    Please sharing :(

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Silakan dicek kandungan zat besi pada kemasan. Jika ini memang kasusnya, kemungkinan besar warna hijau tersebut memang disebabkan oleh susunya.

  • bunda azka

    makasi ya bun infonya, khawatirnya da berkurang karna bingung lihat perkembangan BAB si adk, kalau 7 bln normal bay BAB berapa x ya bun

  • Pingback: Kenali BAB Bayi Anda « makarim & a'yoenin

  • bunda nino

    makasih banyak….benar2 bermanfaat..

  • dp wahyuni

    mau nanya,

    bayi saya 6 bulan, sudah saya perkenalkan dengan MPASI. sebelumnya saya berikan ASI eksklusif. Kemarin siang bayi saya tersedak saat makan, lalu saya coba berikan 2 sendok teh air putih untuk melancarkan makanannya. itu kali pertama saya mengenalkan air putih. Malam ini, bayi saya BAB dan ternyata BAB-nya padat, meskipun tidak tampak sekeras butiran batu kecil seperti terkena konstipasi…
    Namun, dia tampak sulit dan kesakitan saat mengeluarkannya…

  • Pingback: Bentuk Rumah Kecil | kesehatananak.org

  • diand

    mau tanya nii

    bayi sya skrng 5 bulan dia buang air besar nya keras seperti kena konstipasi..
    itu knp yaa??apa tidak cocok dengan susu formula nya?

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Halo Bunda Diand, iya bisa juga karena tidak cocok dengan susu. Tapi, ada baiknya untuk lebih banyak mengkombinasi makanannya dengan buah2an. Karena dari pengalaman kami, buah membantu sekali untuk menyembuhkan konstipasi. Seperti jeruk, melon, semangka, dsb.

  • beny

    saya mau menanyakan … bayi saya fesesnya berwarna kuning namun pada saat bab tadi siang sudah ada bercak darah…apa itu berbahaya???

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Segera periksakan ke Dokter Mas Beny, takutnya ada infeksi ataupun iritasi pada usus. Semoga cepat sembuh ya…. :(

  • dewi

    saya mau menanyakan, anak saya usia 12 bulan bab nya itu kenapa seperti bubur g bisa padat, padahal dia udah aku kasih makanan padat….apakah terjadi infeksi di pencernaan nya atau tidak ya?ato mungkin susu formula na yang g cocok

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Infeksi biasanya akan disertai dengan demam/badan yang panas. Selama itu tidak ada sepertinya bukan itu. Bisa jadi karena susunya tidak cocok. Bisa juga diberi yogurt untuk membantu kesehatan pencernaannya. Semoga cepat baik lagi ya Bunda :)

  • zharfan

    terimakasih infonya, benar2 sangat membantu…

  • iwan

    trmksh infonya. bermanfaat skali…

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Sama-sama Mas Iwan. Semoga membantu :)

  • bunda Ratna

    Saya mau bertnya dok,anak sy bru brusia 2mngg BABnya berwarna kuning crah dsertai buih dan kdang ada bunyi “crot” sprti muncrat saat bayi BAB,,,trjdi pgi tdi dan siang ni,,,,bayi saya Asi dok,,,
    Knp y dok saya jdi taiut low ad ap2 dgn sikecil,,,,,
    Trmksih,,,,,,

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Halo Bunda,
      Pertama-tama saya ingin menyampaikan kalau saya bukan dokter. Tapi terima kasih loh sudah dipanggil begitu he..he..he.. Saya di sini ingin berbagi pengalaman saja selama membesarkan anak.

      Kalau melihat penjelasan bunda, sepertinya bab si kecil normal (silakan lihat artikel). Kalau seperti muncrat karena memang belum ada makanan padatnya. Jadi bab-nya pun lebih bentuk cair. Selama anak tidak panas dan rewel saya rasa akan baik-baik saja. Tapi kalau ragu, saya sangat sarankan untuk konsultasi ke dokter anak untuk lebih meyakinkan.

      Salam buat si kecil ya Bunda, semoga tumbuh menjadi anak yang baik :)

  • nia

    saya mau tanya,,
    anak saya usia 6 bulan belum lama ini diajak berenang setelah itu badannya panas dan BAB nya warna keabuan,,apakah kondisi itu masih aman?

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Kalau badan panas, itu biasanya indikasi badan sedang melawan penyakit. Mungkin waktu berenang tidak sengaja meminum air kolam. Disarankan untuk dibawa ke dokter kalau kondisinya tidak membaik dalam 1-2 hari.

  • Nawaira

    mau nanya ney,
    kalo feses ato BAB bayi ad gumpalan putih nya, knpa ya,,,usia bayi sy msuk 7 bulan dan sudh minum susu formula + ASI juga,,,
    mohon bantuan nya,,,soale kawatir bgt,,,

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Apa sudah dikenalkan dengan makanan padat? Mungkin ada sisa makanan yang tidak sepenuhnya tercerna. Tapi jangan ragu untuk langsung hubungi dokter supaya bisa lebih memastikan :)

  • Ade Heryanto

    For me it’s a very nice article. Very easy to be digested, of course with a very detail picture. Really help, great appreciation, thanks :)

    -ade heryanto-

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      You’re welcome. Glad to hear that :)

  • Dinizhe Idris Ghassani

    Mau tanya baby ku umur 3 bulan minum sufor , tiap abis nyusu pasti bab , dan kalo nyusu nya banyak bab nya juga banyak . Tiap hari bab nya . Apakah itu normal? Trims

    • http://rumahyogurt.com/ Rumah Yogurt

      Halo Bunda, apa bentuk babnya normal? Kalau mencret kemungkinan kurang cocok susunya. Kalau normal biasanya sih itu ngga papa. Tapi untuk lebih yakinnya, disarankan untuk konsultasi ke dokternya:)

  • bunda sunny

    Selamt Sore ..
    Maw tanya, anak saya perempuan usia 4 bln..sejak usia 3 bln saya kasih sufor hbs asi saya sdh tdk keluar..pinginnya sih masih ingin memberikan asi pd si kecil.selama sebulan ini sy kasih sufor nyusunya banyak babnya jg banyak sehari bisa 2x ataw 3x bab normal gk yah!?trs berat badannya jg naiknya gk banyak yah? Apa karna habis nyusu bab!?trs bisa gk yah klo sdh sebulan sdh tidak nyusuin si kecil maw ku coba kasih asi lg..kira2 asinya bakal keluar lg gk yah!?..
    Maksih

  • minie

    bun mw nanya nih..ank sya usia 3 bln asi ekslusif sdah 2 minggu bab cair..frekuensi sering tp cuma sdikit” babnya ..kdang ada benih kdang gda..anaknya pun msih cria..apa itu msuknya diare?trims

  • http://www.rumahyogurt.com Aditya Fajar

    Kalau seperti itu, ada baiknya untuk sesekali mengganti menu agar ususnya “belajar” jenis makanan yang berbeda. :)